Jumat, 21 Desember 2018

Tips Memilih Lowongan Kerja Online

Kebiasaan lama dengan mencari pekerjaan secara langsung sudah mulai banyak ditinggalkan, tidak sedikit perusahaan-perusahaan besar yang membuka Lowongan kerja online. Hingga para pencari kerjanya cukup mengirimkan data melalui surel atau email. Jika kriteria pelamarnya cocok baru akan dipanggil untuk melakukan interview. Proses ini tentunya memangkas langsung waktu dan biaya bagi kedua belah pihak.

Lantas bagaimana sih mencari lowongan kerja online yang benar agar tidak terkena penipuan, simak yuk!

Cari situs lowongan kerja online terpercaya
Dimulai dengan mencari situs-situs yang menawarkan pekerjaan secara online, cari informasi sebanyak mungkin, situs mana sajakah yang memiliki record baik dan terpercaya. Tidak sedikit situs abl-abal yang menawarkan pekerjaan secara online untuk menjerat para pencari kerja.

Baca dengan teliti lowongan pekerjaan
Pastikan Anda membaca dengan cermat dan lebih teliti mengenai lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Apakah cocok dengan minat dan kemampuan Anda, batas usianya masuk atau tidak, begitu juga dengan tawaran gaji yang ditawarkan.

Cari tahu latar belakang perusahaan
Jika sudah mendapatkan lowongan pekerjaan yang sekiranya pas untuk Anda, sekarang mulailah mencari tahu latar belakang dari perusahaan yang akan Anda lamar tadi. Pastikan perusahaan tersebut ada kebenarannya, memiliki reputasi yang baik hingga lokasi keberadaannya.

Tunggu Proses
Setelah mengirimkan lamaran melalui email, maka yang harus Anda lakukan selanjutny adalah menunggu. Butuh waktu yang tidak sebentar bagi perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut mencari kriteria pekerja yang paling pas untuk perusahaan mereka. Biarkan mereka bekerja dan Anda tunggu prosesnya. Bisa saja Anda mendapatkan jawaban dengancepat atau tidak mendapatkan jawaban sama sekali.

Mengirim lamaran sebanyak mungkin
Tidak ada salahnya Anda mengirimkan surat lamaran Anda ke beberapa perusahaan, karena belum tentu bisa diterima di perusahaan yang satu dan masih bisa berharap diterima di perusahaan yang satunya lagi. Cari dan update terus lowongan pekerjaan yang sedang dicari. Ada baiknya Anda juga memantau, apakah lowongan perkerjaan yang pernah Anda kirimkan lamarannya sudah terhapus atau tidak sehingga Anda bisa tahu lowongan pekerjaan tersebut sudah terisi atau belum.

Tingkatkan terus kemampuan Anda
Jika Anda belum juga beruntung mendapatkan pekerjaan yang diinginkan maka ada baiknya Anda meningkatkan terus kemampuan Anda. Semakin luas pengetahuan yang Anda miliki, semakin besar keahlian yang Anda pahami membuat orang akan mencari dan membutuhkan Anda. Banyak juga perusahaan yang tidak mau memilih fresh graduate karena keahlian dan pengalaman yang belum dimiliki, karenanya teruslah berkembang dan menjadi ahli di bidangnya.

Dengan segala kemudahan mencari pekerjaan secara online, tidak ada salahnya juga untuk berhati-hati dengan penipuan online yang juga tidak kalah maraknya. Terlebih bila Anda diminta untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu, ada baiknya Anda mewaspadai hal tersebut.

Hal lainnya yang bisa Anda cermati apakah lowongan pekerjaan tersebut palsu atau tidak. Salah satunya dengan memberikan penawaran langsung melalui email Anda. Belum lagi gaji yang ditawarkan sangat besar jumlahnya. Waspada juga bila Anda diminta mengisi dan mengharuskan men-download sejumlah file yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, alih-alih untuk menjaga kredibilitas perusahaan, data Anda malah digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Siapkan data diri atau CV Anda. Pastikan semuanya sudah tertulis lengkap disertai dengan foto. Nah, itu dia tips memilih pekerjaan secara online yang bisa Anda pahami. Terus mencari pekerjaan yang baik dan tepat untuk Anda dan terus berjuang.
Share :