Jumat, 20 September 2019

Beberapa Faktor Penyebab Luka Menjadi Lama Sembuh

Luka lama sembuh biasanya mempengaruhi kehidupan bersosial kita di lingkungan. Karena dengan luka tersebut banyak kegiatan menjadi terhambat, bahkan tidak jarang menjadi cemoohan orang. Untuk mengobati luka tersebut biasanya banyak orang yang berobat atau membeli obat baik di apotek online atau beli di apotek secara langsung.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa luka lama sembuh. Tidak cukup membeli obat di apotek online, Anda juga harus berkonsultasi langsung dengan dokter.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab luka menjadi lama untuk sembuh, diantaranya adalah:

●    Gangguan sirkulasi darah suplai darah atau oksigen
Sirkulasi darah dan suplai oksigen yang buruk merupakan salah satu faktor penyebab luka menjadi lama sembuh. Karena di saat sirkulasi darah dan suplai oksigen tidak lancar, proses dalam penyembuhan luka menjadi terganggu. Adapun kondisi yang menjadi penyebab aliran darah tidak lancar adanya penyakit arteri perifer.

●    Infeksi
Luka yang terkena infeksi pada juga menyebabkan luka lama untuk sembuh. Karena banyak terdapat kuman yang masuk pada saat luka dalam keadaan terbuka. Ketika luka mengalami infeksi, tubuh pun menjadi lebih banyak berupaya melawan infeksi tersebut bila dibandingkan menyembuhkan luka. Dan kondisi inilah yang dapat menghambat penyembuhan luka.

●    Diabetes
Untuk Anda yang mengidap kadar gula darah tinggi atau memiliki diabetes, sebaiknya berhati-hati saat mengalami luka. Karena diabetes dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh yang menyebabkan  luka mudah terinfeksi, bahkan diabetes juga meningkatkan risiko peradangan pada area tubuh yang terluka.  Tidak hanya itu saja, gangguan peredaran darah dan kerusakan saraf atau neuropati pun dapat terjadi bila Anda memiliki riwayat diabetes.

●    Lanjut usia
Untuk orang tua yang sudah lanjut usia (> 60 tahun) proses penyembuhan cenderung berjalan lebih lambat karena faktor penuaan. Adapun  faktor yang berkontribusi terhadap lamanya penyembuhan luka pada lansia adalah seperti asupan gizi yang diterima, penyakit yang diderita, sampai dengan kesehatan dan kebersihan kulit.

Ulkus diabetikum dan ulkus dekubitus, merupakan jenis dari luka kronis yang membutuhkan perawatan khusus dalam penanganannya. Berbeda dengan beberapa faktor luka lama sembuh di atas, selain membutuh obat yang khusus dibutuhkan perawatan intensive. Tidak jarang apotek online dimanfaatkan untuk mencari obat yang sulit dibeli secara langsung.
Share :